7 Cara Menulis Artikel Blog yang Ramah SEO di tahun 2020

Cara Menulis Artikel Blog yang Ramah SEO

Membuat sebuah tulisan atau konten artikel di situs website tentu tidak bisa sembarangan dalam mengaplikasikannya, karena hal tersebut akan berpengaruh juga terhadap kredibilitas suatu konten nantinya. Perlu adanya penyegaran dalam hal menulis artikel, salah satunya adalah dengan membuat tulisan yang SEO Friendly.

Untuk mendapatkan traffic terbanyak dan memaksimalkan visibilitas, berbagai taktik optimisasi mesin pencari harus digunakan sebelum dipublikasikan. Tujuan keseluruhan dari sebuah tulisan ramah SEO adalah untuk menawarkan informasi yang akan dinikmati oleh pengguna dan mesin pencari dan bermanfaat.

Cara Menulis Artikel Blog yang Ramah SEO di tahun 2020

1. Tentukan Tujuan

Anda punya ide untuk posting blog. Selanjutnya, tentukan tujuan dari posting blog itu. Anda dapat memamerkan produk baru untuk bisnis Anda, atau menjelaskan cara melakukan tugas tertentu yang terkait dengan bisnis Anda. Ajukan pertanyaan pada diri sendiri dan lihat tujuannya melalui mata pembaca. Informasi bermanfaat apa yang akan ditemukan di artikel blog ini? Bagaimana informasi ini membantu? Temukan tujuan unik itu, dan ingatlah saat menulis.

2. Tentukan Target Pemirsa

Siapa yang ingin Anda baca posting blog Anda? Untuk menjawab pertanyaan ini, lihat basis pelanggan Anda. Siapa pelanggan Anda saat ini, dan mengapa mereka berbisnis dengan Anda? Sesuaikan konten Anda dengan audiens ini, dan pertimbangkan bagaimana mereka akan memahami informasi tersebut.

3. Melakukan Penelitian Kata Kunci

Sekarang setelah tujuan dan pemirsa ditetapkan, saatnya untuk mengoptimalkan. Sering diabaikan, ketika datang ke SEO, penelitian kata kunci adalah langkah paling penting dalam proses penulisan blog. Untuk mengetahui kata kunci apa yang mendapat lalu lintas terbanyak, jelajahi volume pencarian beberapa kata kunci terkait. Google Trends adalah alat gratis dan mudah digunakan yang memvisualisasikan minat penelusuran dalam topik terkait.

4. Pilih Judul Posting Blog yang Tepat

Anda telah melakukan penelitian kata kunci, sekarang Anda harus memilih judul yang dioptimalkan untuk kata kunci target Anda. Misalnya, jika seseorang menulis blog berjudul "10 Resep Masakan Liburan," dia mungkin berpikir ini akan mendapatkan banyak lalu lintas karena resep liburan populer. Namun, penelitian kata kunci di Google Trends menemukan bahwa minat pencarian dalam "resep memasak" jauh lebih rendah daripada minat pencarian untuk "resep makanan." Jadi, penulis blog harus mengganti nama judul menjadi "10 Resep Makanan Liburan." Mengambil waktu ekstra untuk melakukan penelitian kata kunci dapat membuat perbedaan besar dalam berapa banyak pengunjung yang membaca posting blog.

5. Gunakan Kata Kunci Bertarget

Kepadatan kata kunci adalah persentase yang mengukur berapa kali kata kunci target Anda muncul pada halaman dibandingkan dengan jumlah total kata pada halaman itu. Dalam komunitas SEO, kepadatan kata kunci 1-3% dipandang sebagai praktik terbaik. Kepadatan kata kunci yang terlalu tinggi dapat dilihat sebagai “isian kata kunci,” yang dapat menghasilkan penalti tindakan manual dari Google.

Sementara penulis dapat menyusun strategi untuk memiliki kepadatan kata kunci tertentu, sangat penting bahwa konten itu alami dan tidak terdengar dibuat-buat. Tujuan utamanya adalah menulis konten yang ingin dibaca dan dipelajari orang.

6. Struktur Konten Anda

Pisahkan konten Anda menjadi paragraf singkat. Gunakan tajuk dan subjudul untuk memperkenalkan topik, dan layangkan konten dengan cara yang jelas untuk menghindari membingungkan pembaca.

7. Tambahkan Teks Gambar Alt

Gambar meningkatkan blog untuk pembaca dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Gambar saja tidak meningkatkan halaman untuk crawler mesin pencari, karena crawler tersebut tidak dapat melihat gambar. Mereka hanya bisa membaca teks. Teks alt gambar adalah deskripsi singkat dari suatu gambar. Perayap membaca teks ini untuk mengetahui bahwa ada gambar yang relevan yang dilampirkan pada konten blog. Teks alt gambar juga membantu pengguna tunanetra memahami apa yang ada di halaman.

Gunakan kata kunci target jika relevan dengan gambar. Buat sejelas mungkin, sambil menggunakan kurang dari 120 karakter. Teks alt gambar dapat ditambahkan setiap kali Anda mengunggah gambar ke situs web atau blog. Biasanya ada opsi untuk menambahkan teks ini di dekat pengaturan gambar - itu tergantung pada platform


Ini adalah beberapa langkah penting untuk diikuti saat membuat posting blog yang ramah SEO, tetapi ada banyak langkah dan strategi lain juga. Pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini nanti saat Anda menulis posting blog.
Lebih suka tidur dan rebahan.
  • Facebook
  • WhatsApp
  • Instagram
  • 0 Response to "7 Cara Menulis Artikel Blog yang Ramah SEO di tahun 2020"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel